Subscribe:

Labels

Tuesday, February 22, 2011

MENGENAL ANGLE dan FOKUS


Berita yang baik tak hanya perlu lima syarat pokok 5W+1H sebagai kelengkapannya, tapi ia juga harus terarah, tidak melebar ke sana ke mari serta terfokus. Berita yang melebar tak hanya membuat si penulis tak mengerti apa yang akan ditonjolkannya, pembaca pun akan capek dan pusing menangkap apa pesan yang akan disampaikan berita itu. Untuk itulah diperlukan angle dan fokus.
Angle adalah sudut pandang suatu berita, biasanya ia dirumuskan dalam bentuk pertanyaan untuk memudahkan pendefinisian persoalan. 
Agle sangat diperlukan agar sebuah tulisan jelas duduk persoalannya, agar persoalan itu tampil utuh dan dalam. Selain itu dalam proses penulisan agle diperlukan agar tidak terjadi overlapping atau tumpang tindih, memudahkan pembagian tulisan dan pembagian data.
Fokus adalah titik perhatian dari sebuah angle yang dipilih. Fokus sangat menolong si penulis berita agar masalah yang ditulisnya tampil kental, memikat dan utuh.
Jadi, sebuah berita yang baik adalah berita yang punya satu angle dan satu fokus, dan biasanya fokus yang dipilih adalah yang benar-benar penting dan menarik. Jika ada dua fokus yang menarik, maka seharusnya keduanya dipisahkan, agar berita yang ditulis tajam, dalam, dan terkonsentrasi. Tapi. Biasanya, sekali lagi, untuk satu berita hanya ada satu fokus yang sangat menarik.
Contoh:
Tema: Lika-Liku Anak Jalanan
Angle: Bagaimana anak-anak itu menghidupi dirinya?
Fokus: Kehidupan si Romi (seorang anak jalanan berusi 5 tahun yang berkeliaran di Malioboro).
Langkah: Reporter hanya mengikuti si Romi, dan melaporkan apa yang dilakukan, bagaimana ia mencari nafkah, dan bagaimana ia bertahan hidup.
Kelengkapan: Perlu ditambah data, misalnya berapa jumlah anak jalanan di Yogyakarta, dan sebagainya

0 comments:

Post a Comment

Chitika